PENGARUH IKLIM KELAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM PROSES BELAJAR PADA SISWA SDN PONOWAREN 1 TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • ALRI ANITA FATMAWATI

Keywords:

Iklim Kelas; Lingkungan Keluarga; Percaya Diri

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh iklim kelas terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar, mengetahui   ada   tidaknya   pengaruh   lingkungan   keluarga terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh iklim kelas dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar pada Siswa SDN Ponowaren 01.

Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis Deskriptif. Statistik  deskriptif  adalah  statistik  yang  digunakan  untuk menganalisis  data  dengan  cara  mendiskripsikan  atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.

 Berdasarkan uji ANOVA didapat R = 0,630 dan Fhitung = 23,640 dengan sig = 0,000 (0,000 < 0, 05) maka dapat dikatakan berpengaruh.   Artinya  ada  pengaruh  yang  signifikan  antara iklim kelas dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap  rasa  percaya  diri  siswa  pada Siswa SDN Ponowaren 01 sebesar 39,60%, sedangkan 60,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka semakin baik   iklim   kelas   dan   semakin   baik   lingkungan   keluarga semakin tinggi pula rasa percaya diri. Sebaliknya apabila semakin buruk iklim kelas dan semakin buruk lingkungan keluarga maka semakin rendah rasa percaya diri siswa. Dibuktikan dengan (R)2 = 396 atau 39,60%. Dapat dikatakan positif karena Fhitung bernilai positif dan dikatakan signifikan karena hasil signifikan <0,05. Hipotesis 3 diterima.

Downloads

Published

2024-12-01