PENGARUH IKLIM KELAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM PROSES BELAJAR PADA SISWA SDN PONOWAREN 1 TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Keywords:
Iklim Kelas; Lingkungan Keluarga; Percaya DiriAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh iklim kelas terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar, mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh iklim kelas dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar pada Siswa SDN Ponowaren 01.
Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis Deskriptif. Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.
Berdasarkan uji ANOVA didapat R = 0,630 dan Fhitung = 23,640 dengan sig = 0,000 (0,000 < 0, 05) maka dapat dikatakan berpengaruh. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara iklim kelas dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap rasa percaya diri siswa pada Siswa SDN Ponowaren 01 sebesar 39,60%, sedangkan 60,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka semakin baik iklim kelas dan semakin baik lingkungan keluarga semakin tinggi pula rasa percaya diri. Sebaliknya apabila semakin buruk iklim kelas dan semakin buruk lingkungan keluarga maka semakin rendah rasa percaya diri siswa. Dibuktikan dengan (R)2 = 396 atau 39,60%. Dapat dikatakan positif karena Fhitung bernilai positif dan dikatakan signifikan karena hasil signifikan <0,05. Hipotesis 3 diterima.
