http://ojs.pgrikabsukoharjo.id/index.php/jpccvol02no03/issue/feed JURNAL PENDIDIKAN CERDIK CENDEKIA 2025-04-11T02:06:33+00:00 Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Pendidikan Cerdik Cendekia</strong> adalah Jurnal Ilmiah Nasional Teridex <em>Google Scoolar </em> yang diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sukoharjo bekerjasama didukung oleh PGRI Pusat sebagai media untuk menyalurkan pemahaman dan ilmu pengetahuan tentang pendidikan berupa hasil penelitian lapangan maupun studi pustaka. Jurnal Pendidikan Cerdik Cendekia ini diterbitkan empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli-september, bulan Oktober-Desember, bulan Januari-Maret dan bulan April-Juni.</p> <p>Redaksi mengundang para guru, dosen dan peneliti maupun pihak-pihak terkait untuk mengirimkan naskah dan menerbitkan di Jurnal Pendidikan Cerdik Cendekia terutama yang terkait pendidikan, dimana tentunya naskah tersebut belum pernah diterbitkan pada jurnal atau media lain. Naskah yang masuk natinya akan dievaluasi, disunting serta dilakukan review secara detail oleh Dewan Penyunting dan para pakar.</p> http://ojs.pgrikabsukoharjo.id/index.php/jpccvol02no03/article/view/5 PERAN PENDIDIKAN ISLAM MEWUJUDKAN GENERASI EMAS 2045 2025-04-11T01:24:48+00:00 INDRIYANI indriyani@gmail.com <p><em>This research provides an overview of the role of Islamic education in realizing the golden generation of 2045. This research is based on skepticism regarding the emergence of this golden generation because of the fact that the world of education in Indonesia is still shackled by various problems including poverty, violence, ever-changing curriculum, budgets and management. not well managed. These problems are the cause of the complexity of untangling the tangled threads and problems of the world of education in Indonesia, however the role of Islamic religious education in schools is very important because awareness of the religious values ​​embedded in a person can realize efforts to form a golden generation.</em></p> 2025-04-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 http://ojs.pgrikabsukoharjo.id/index.php/jpccvol02no03/article/view/6 PENGARUH IKLIM KELAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM PROSES BELAJAR PADA SISWA SDN PONOWAREN 1 TAHUN PELAJARAN 2024/2025 2025-04-11T02:06:33+00:00 ALRI ANITA FATMAWATI alrianita@gmail.com <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh iklim kelas terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar, mengetahui&nbsp;&nbsp; ada&nbsp;&nbsp; tidaknya&nbsp;&nbsp; pengaruh&nbsp;&nbsp; lingkungan&nbsp;&nbsp; keluarga terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh iklim kelas dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap rasa percaya diri siswa dalam proses belajar pada Siswa SDN Ponowaren 01.</p> <p>Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis Deskriptif. Statistik&nbsp; deskriptif&nbsp; adalah&nbsp; statistik&nbsp; yang&nbsp; digunakan&nbsp; untuk menganalisis&nbsp; data&nbsp; dengan&nbsp; cara&nbsp; mendiskripsikan&nbsp; atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.</p> <p>&nbsp;Berdasarkan uji ANOVA didapat R = 0,630 dan Fhitung = 23,640 dengan sig = 0,000 (0,000 &lt; 0, 05) maka dapat dikatakan berpengaruh.&nbsp;&nbsp; Artinya&nbsp; ada&nbsp; pengaruh&nbsp; yang&nbsp; signifikan&nbsp; antara iklim kelas dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap&nbsp; rasa&nbsp; percaya&nbsp; diri&nbsp; siswa&nbsp; pada Siswa SDN Ponowaren 01 sebesar 39,60%, sedangkan 60,40% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka semakin baik&nbsp;&nbsp; iklim&nbsp;&nbsp; kelas&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; semakin&nbsp;&nbsp; baik&nbsp;&nbsp; lingkungan&nbsp;&nbsp; keluarga semakin tinggi pula rasa percaya diri. Sebaliknya apabila semakin buruk iklim kelas dan semakin buruk lingkungan keluarga maka semakin rendah rasa percaya diri siswa. Dibuktikan dengan (R)2 = 396 atau 39,60%. Dapat dikatakan positif karena Fhitung bernilai positif dan dikatakan signifikan karena hasil signifikan &lt;0,05. Hipotesis 3 diterima.</p> 2024-12-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024